Monday, June 1, 2015

The Jose Flash Review
Begin Again

Tahun 2006, Once, sebuah film musikal indie asal Irlandia berhasil menarik perhatian dunia. Bahkan The Academy sampai menganugerahinya 1 piala Oscar di kategori Best Achievement in Music Written for Motion Pictures, Original Song untuk salah satu lagunya, Falling Slowly. Otomatis nama John Carney selaku penulis skenario sekaligus sutradara dikenal luas. Film sederhana ini berhasil menggali emosi penonton lewat alunan nada dan lirik yang menyayat seperih jalan ceritanya yang agak depresif. Tahun 2014, Carney kembali berkesempatan membuat film yang mirip, tapi dengan dukungan aktor-aktris yang lebih populer, dan tentu saja lagu-lagu yang mudah menginvasi ingatan, lewat Begin Again.

Tak jauh berbeda dengan Once, alur kisah Begin Again begitu sederhana dan tenang, namun ternyata masih tetap mampu menggugah emosi penonton yang mungkin kebetulan bernasib mirip dengan karakter-karakternya, baik Dan maupun Gretta. Intinya adalah menemukan kembali diri sendiri dan healing dari apapun yang telah menimpa. Namun perjalanan cerita sederhana ini menjadi menarik karena dilakukan melalui musik. Tak hanya itu, ide membuat rekaman outdoor secara berpindah-pindah di sudut-sudut kota New York menjadi sebuah ‘petualangan perjalanan’ tersendiri. Apalagi kali ini Carney membawa Begin Again pada nuansa yang lebih fun dan ceria ketimbang Once yang cenderung depresif. Manis dan indah. Tak heran jika Anda sampai sering tersenyum sendiri mengikuti kisahnya.

Kisah Begin Again yang meski sederhana dan tanpa gejolak yang berarti, namun terkesan sangat nyata berkat akting yang begitu natural dari para aktornya. Keira Knightley menjadi aktris yang menghidupkan keseluruhan adegan musikalnya. Siapa yang menyangka Keira cukup berbakat dalam bernyanyi. Emosi yang ditampilkan cenderung tenang dan tidak meledak-ledak, namun mampu dirasakan oleh penonton dengan sangat jelas. Sementara Mark Ruffalo lebih berperan banyak dalam menciptakan nuansa ceria dan menghibur, sekaligus membangun chemistry yang sangat baik dengan Knightley maupun pendukungnya, seperti Hailee Steinfeld dan bahkan Catherine Keener yang porsinya jauh lebih sedikit. Tak ketinggalan debut vokalis Maroon 5, Adam Levine, di layar lebar yang ternyata cukup baik dan mampu mengimbangi aktor-aktor utama lain yang punya jam terbang lebih banyak.

Above all, tentu saja faktor utama keberhasilan Begin Again adalah lagu-lagunya yang manis dan earcatchy, dengan lirik membumi namun indah. Jangan kaget kalau seusai menonton Anda minimal akan bersenandung lagu-lagu yang ada di sini.

Lihat data film ini di IMDb.

The 87th Annual Academy Awards nominee(s) for:


  • Best Achievement in Music Written for Motion Pictures, Original Song - Gregg Alexander & Danielle Brisebois (Lost Stars)
Rate film ini menurut Anda:
{[['']]}

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates