Saturday, May 3, 2014

The Jose Movie Review
The Other Woman


Overview

Nama Nick Cassavetes sudah begitu lekat dengan image drama yang menguras air mata, seperti The Notebook dan My Sister’s Keeper. Sehingga begitu namanya muncul di bangku sutradara sebuah film yang dipromosikan sebagai romantic comedy, The Other Woman (TOW), saya meragukan hasilnya. Kekhawatiran saya jangan-jangan di ending ia justru menyuguhkan tangis haru-biru. TOW sebenarnya kurang cocok disebut sebagai romantic comedy karena kadar “romantis”-nya hanya sekitar 10-20%. Yes it is talking about relationship, tetapi lebih sebagai chick flick komedi gokil sejenis The Sweetest Thing, John Tucker Must Die, atau Bride Wars. Jadi lebih tepat untuk menonton TOW bersama gank wanita ketimbang dengan pasangan. Trust me.

Sebenarnya tak ada yang baru ditawarkan oleh TOW dari segi cerita. Semuanya serba formulaic, simple, dan bahkan nyaris klise. Tapi hey, alasan utama penonton menyaksikan film sejenis TOW ini adalah untuk dihibur dengan suguhan adegan yang bisa mengundang tawa. Selama misi ini tersampaikan, sudah lebih dari cukup. Kekuatan utama TOW jelas terletak pada karakter-karakter utama yang menarik. Mulai Kate King (Leslie Mann), ibu rumah tangga yang terbiasa manja tetapi sebenarnya lugu, Carly (Cameron Diaz) tipikal wanita karir cerdas, dan Amber (Kate Upton) yang menambah daftar panjang karakter hot dumb blonde. Perpaduan ketiga karakter yang unik ini berhasil disatukan dan dilebur dalam adegan-adegan komedik yang tak hanya mengandalkan kelakuan-kelakuan menggelitik dan terkadang terasa slapstick, tetapi juga celetukan-celetukan cerdas bereferensi, terutama antara Kate dan Carly. Dan di tangan Cassavetes, semuanya menjadi kesatuan paket komedi yang menghibur dan segar. Yes, I have to admit, he did a good job here.

So sebagai film untuk seru-seruan bersama teman se-gank (for ladies), dan kalau mau nekad, boleh juga untuk ditonton bersama pasangan, TOW jelas pilihan film yang segar dan menghibur. Sedangkan buat para pria, jelas kehadiran Cameron Diaz dan Kate Upton adalah tawaran yang irresistible.

The Casts

Sebagai objek utama kelucuan, Leslie Mann jelas memegang peranan penting sepanjang film dan she did it on her own charm. Tingkah lakunya yang menggelikan, lugu, spontaneous, dan doyan nyeletuk bisa dengan mudah mencuri perhatian penonton. Begitu juga Cameron Diaz yang selalu berhasil menjadi objek becandaan di balik image-nya yang cerdas dan eksklusif. Sementara Kate Upton… oh well perannya memang sebagai the hot dumb blonde, so her extraordinary boobies and ass can easily forgive anything she lacks of.

Nikolaj Coster-Waldau yang selama ini kita kenal lewat serial Game of Thrones, ternyata cukup bagus memerankan karakter komedik di balik auranya yang serius. Taylor Kinney yang porsinya tidak begitu banyak cukup memperlihatkan kharismanya sebagai charming gentleman. Sementara rapper Nicki Minaj masih butuh pembuktian akting dengan porsi karakter yang lebih banyak, tetapi setidaknya suara cempereng-nya yang sudah jadi signature-nya tidak sampai terbawa dalam karakter.

Technical

Sebuah drama komedi, apalagi dengan embel-embel romantis, jelas butuh desain produksi yang indah dan tata kamera yang mampu merekam keindahan-keindahan yang ada. TOW bisa dibilang cukup baik menonjolkan kedua aspek tersebut. Lihat saja desain interior rumah keluarga King atau rumah pantai Phil yang langsung menjadi tipikal dream house saya. Setting resor di Bahama pun mampu di-eksplorasi dengan cukup maksimal.

Satu kelemahan yang menjadi komplain saya adalah soundtrack-soundtrack yang mengiringi sepanjang durasi film. Pilihan lagunya sih oke-oke banget, tetapi sayang beberapa (paling parah ada di menjelang klimaks film) yang diletakkan dan diedit dengan kasar bak pergantian lagu di FTV-FTV remaja Indonesia.

The Essence

Dalam sebuah relationship, ada saatnya hal-hal tertentu harus menjadi hal yang ditoleransi demi menjaga keutuhan hubungan. Tetapi ada beberapa hal sulit diubah dan unacceptable yang mau-tidak mau harus menyudahi hubungan sebelum berkembang menjadi jauh lebih buruk lagi.

They who will enjoy this the most

  • Gank of ladies who seek for a fun moment together
  • Gank of gentlemen who seek for a fresh and hot view
  • Fan of Leslie Mann’s comedic style
  • Fan of Cameron Diaz
Lihat data film ini di IMDb.
Rate film ini menurut Anda:
{[['']]}

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates