Sunday, February 23, 2014

The Jose Movie Review
Dallas Buyers Club


Overview

Tema HIV/AIDS terbukti beberapa kali menjadi tema favorit yang dilirik juri Oscar. Terutama melakoni penderita HIV memang bukan hal yang mudah. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak aktor yang mengincar peran tersebut dan mampu memerankan dengan baik, menjadikan keistimewaannya berkurang. Aktor yang paling diingat penonton mungkin hanya Tom Hanks di Philadelphia. Kini di tahun 2014 duo aktor utama dan pendukung Matthew McConaughey dan Jared Leto berhasil mencuri perhatian dunia lagi berkat peran mereka sebagai penderita ODHA.

Tak hanya penampilan luar biasa kedua aktor tersebut yang memotori kekuatan Dallas Buyers Club (DBC). Hampir semua aspek di dalamnya menarik untuk disimak. Terutama sekali adalah skenarionya yang berdasarkan sudut pandang karakter utama, Ron Woodroof. Meski kalau dianalisa lagi sebenarnya cukup subjektif dari sudut pandang Ron saja, namun ia menyampaikan banyak sekali isu seputar penyakit pelemah daya tahan tubuh tersebut secara relevan, seimbang, dan tak mengaburkan fokus utama tentang upaya survival yang dilakukan Ron. Mulai isu sistem pengawasan dan perijinan obat-obatan oleh FDA yang mengarah ke ranah hukum dan kemanusiaan, obat AZT dan berbagai mitos obat-obatan yang yang menjadi kontroversi dan membuat penontonnya penasaran untuk mencari tahu lebih banyak tentang faktanya (which means that it’s good!), hingga acceptance kaum homosexual yang pada setting cerita masih menjadi kaum tertuduh penyebar HIV.

Ke-semua isu ini disampaikan dengan sudut pandang Ron yang memang berasal dari kaum awam. Penonton seperti diajak untuk menelusuri berbagai mitos yang ada seputar pengobatan HIV dari berbagai penjuru dunia dan pada akhirnya penonton dibuat bersimpati penuh kepada karakternya. Salut atas perjuangan yang dilakukannya hingga mampu bertahan hidup lama dari yang sudah diprediksi dokter. Angle cerita yang jarang diangkat untuk topik sejenis di film. Tentu saja penampilan Rayon, seorang waria yang akhirnya menjalin rekanan dengan Ron menjadi penyegar di tengah-tengah isu serius. Well, tingkah laku Ron sendiri saja kebanyakan sudah cukup membuat saya tersenyum-senyum sendiri. Very entertaining.

The Casts

Matthew McConaughey dan Jared Leto tidak hanya mengandalkan transformasi fisik dan make up untuk meyakinkan dan bahkan memukau penonton manapun. Gesture, mimik, dan aksen Southern yang dilakukan Matthew benar-benar sempurna. Rollercoaster emosi yang ditunjukkan sepanjang durasi juga terasa mengena tanpa terkesan berlebihan. Sedangkan Jared tentu saja tampil mencengangkan sebagai waria yang juga tak kalah peliknya. Keseimbangan antara sisi kemayu dan emosionalnya membuatnya terlihat cemerlang. Oscar yang diganjar untuk keduanya memang sangat layak.

Di lini pemeran pendukung, kesemuanya memberikan performa terbaik meski tetap saja harus mengalah pada pesona duo Ron-Rayon. Terutama sekali Jennifer Garner yang tetap mempesona seperti penampilannya di film-film sebelumnya. Karakter yang menjadi persimpangan antara kubu Ron dan medis membuatnya menarik dan dibawakan dengan heart-warming pula oleh istri Ben Affleck ini. Tak ketinggalan penampilan Steve Zahn yang cukup mengobati kerinduan setelah sekian lama tak kelihatan di layar.

Technical

Tata rambut dan make-up punya kekuatan yang berhasil membuat karakter-karakternya meyakinkan, terutama sekali Ron dan Rayon. Bahkan tim dari American Hustle yang jauh lebih stylish pun harus mengakui itu.

Sinematografi dan editing menghadirkan cerita DBC menjadi terasa lebih dinamis meski mengangkat isu-isu serius dan berat.

The Essence

Belajar dari sosok Ron, HIV yang membuatnya divonis hanya mampu bertahan 3 bulan justru membuatnya mencari tahu dan mempelajari banyak hal tentang virus yang menggerogoti tubuhnya. Bukannya menyerah pada keadaan dan menyesali masa lalu (angle cerita yang sering diangkat di film-film bertemakan HIV, terutama di ranah film Indonesia), ia justru terus berjuang mempertahankan hidup, bahkan jika harus melanggar hukum sekalipun. Toh, he got nothing to lose, he’s going to die anytime soon anyway. Di saat-saat terendah pun, siapapun bisa jadi orang yang berguna bagi kaum tertentu.

They who will enjoy this the most

  • Penikmat film-film drama bertemakan life survival
  • Penonton yang berkecimpung di bidang medis maupun farmasi
  • Penonton awam penyuka film yang bisa memancing untuk mencari tahu lebih banyak tentang subjek yang diangkat
86th Academy Awards nominee for


  • Best Motion Picture of the Year
  • Best Writing, Original Screenplay - Craig Borten & Melisa Wallack
  • Best Performance by an Actor in a Leading Role - Matthew McConaughey
  • Best Performance by an Actor in a Supporting Role - Jared Leto
  • Best Achievement in Makeup and Hairstyling - Adruitha Lee & Robin Mathews
  • Best Achievement in Film Editing - Jean-Marc VallĂ©e & Martin Pensa
Lihat data film ini di IMDb.
Rate film ini menurut Anda:
{[['']]}

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates