Monday, January 20, 2014

The Jose Movie Review
American Hustle

Overview

Nama David O. Russell beberapa tahun terakhir mencuri perhatian terutama di ajang Oscar. Bagaimana tidak, tiga karya terakhirnya berturut-turut mendominasi ajang tertinggi insan perfilman dunia tersebut. Mulai dari The Fighter di tahun 2010, Silver Linings Playbook tahun lalu, dan tahun ini amunisinya adalah American Hustle (AH) dengan perolehan rekor nominasi terbanyak, yaitu 10 nominasi. Termasuk Best Picture, Best Directing, dan masing-masing 1 nominasi di tiap kategori akting. Luar biasa bukan? Anyway, sebagus apakah AH?
Dari kacamata saya, sebenarnya tidak banyak yang istimewa dari AH. Premise-nya yang tentang conman yang diancam oleh FBI untuk membantu penyelidikan dengan imbalan kebebasan sudah bukan barang baru lagi. Tapi bukan di situ letak kekuatan AH. Skrip yang dikerjakan pula oleh Russell, bersama-sama dengan Eric Warren Singer, bernyawakan karakter-karakter yang sudah sangat menarik di dalamnya. Mulai dari Irving yang sukses mentransformasi fisik Christian Bale, sampai yang paling menarik perhatian, tentu saja Rosalyn yang diperankan dengan sangat menggelitik oleh the shinning star, Jennifer Lawrence. Lantas plot yang mengikuti ke mana perkembangan tiap karakter mengarah. Konon kabarnya, banyak bagian dari dialog di layar yang merupakan improvisasi dari para aktornya dan tidak tercantum di script. So, layaklah jika pujian sebesar-besarnya atas keberhasilan AH disematkan kepada para aktornya. It has a good script, but the actors have made it even greater. Menurut saya pribadi, plotnya masih bisa dibuat lebih menarik lagi. Tetapi apa yang ada di layar sudah lebih dari cukup untuk menghibur.
Bagi Anda yang menyukai twist-twist kecil yang kerap menjadi bagian paling menarik dari film tentang conman, tentu AH punya itu. Tidak begitu bombastis memang, tapi sanggup membuat saya tersenyum licik di menjelang akhir film. Oh ya, jangan salah asumsi. AH bukanlah tipikal film serius yang membuat Anda harus mempersiapkan otak baik-baik. Yes it’s an award type movie, but trust me, it’s much much more entertaining than you think. Ikuti saja alurnya yang mengalir. Persetan jika Anda tidak begitu mengerti tentang detail pekerjaan Irving-Edith di London Associates. Itu  tidak akan menjadi masalah besar, karena Anda akan tetap bisa menikmatinya hingga akhir dan dengan senyum lebar.

The Casts

Like I said before, kekuatan AH terbesar adalah akting para aktornya yang luar biasa. Jika Anda menganggap transformasi fisik Christian Bale belum cukup layak untuk benar-benar diganjar Oscar, maka performa Jennifer Lawrence sulit untuk bisa Anda tolak. She’s the scene stealer who did the best here. Di posisi selanjutnya tentu saja Amy Adams yang kualitas aktingnya semakin hari semakin terasah dan karakter menarik yang dipercayakan kepadanya. Di jajaran aktor, saya tidak menganggap penampilan Christian Bale dan Bradley Cooper adalah istimewa. Bagus, tapi tidak istimewa. Bukan salah mereka, karena seperti itulah karakter yang sudah dituliskan untuk mereka. Bagi saya pribadi, penampilan dan karakter Jeremy Renner masih lebih mencuri perhatian daripada mereka berdua.
Terakhir, jangan sampai Anda terlewatkan penampilan uncredited dari sang legendaris Robert DeNiro, lengkap dengan dialog berbahasa Arab yang diberikan kepadanya.

Technical

Hal utama yang menjadi perhatian pertama, bahkan saat hanya melihat poster atau trailernya, pasti tata rias dari para cast AH, terutama tata rambut. Yes, mungkin Anda dan banyak orang lain menjadikan tata rambut yang ‘unik’ ini sebagai bahan bercandaan. Tetapi memang di situlah letak salah satu daya tariknya. Along with  costume design dan art directing ala 70-an-nya yang elegan serta super fabolous. Tak heran jika dua kategori ini diganjar nominasi Oscar.
Pemilihan soundtrack yang seru dan populer sesuai dengan era-nya membuat adegan-adegan yang ditampilkan terasa lebih gokil. Mulai dari Frank Sinatra, The Temptations, Donna Summer, Chicago, Tom Jones, The Carpenters, hingga sing-a-long seru Live and Let Die ala Jennifer Lawrence.
Editing yang cukup dinamis, terutama dalam menyampaikan flashback, berpadu dengan voice over sebagai narasi dari berbagai sudut pandang, menjadikan AH lebih groovy untuk diikuti.

The Essence

Seperti yang tertulis sebagai tagline dan disampaikan oleh beberapa karekternya dalam dialog, everybody hustles just to survive.

They who will enjoy this the most

  • Penonton yang menyukai kisah penipuan penuh trik gokil
  • Penonton yang menyukai dialog-based drama yang menggelitik
  • General audiences yang mencari hiburan ringan dan cerdas

86th Annual Academy Awards nominee for

  • Best Motion Picture of the Year
  • Best Performance by an Actor in a Leading Role - Christian Bale
  • Best Performance by an Actress in a Leading Role - Amy Adams
  • Best Performance by an Actor in a Supporting Role - Bradley Cooper
  • Best Performance by an Actress in a Supporting Role - Jennifer Lawrence
  • Best Achievement in Costume Design - Michael Wilkinson
  • Best Achievement in Directing - David O. Russell
  • Best Achievement in Film Editing - Jay Cassidy, Crispin Struthers, and Alan Baumgarten
  • Best Achievement in Production Design - Judy Becker (production design) and Heather Loeffler (set decoration)
  • Best Writing, Original Screenplay - Eric Warren Singer and David O. Russell
Lihat data film ini di IMDb. Rate film ini menurut Anda:
{[['']]}

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates