Tuesday, March 26, 2013

The Jose Movie Review
Oz the Great and Powerful


Overview

Dari posternya mungkin bakal banyak yang mengira akan menemukan “fantasi” yang sama dengan Alice in Wonderland (AiW) versi Tim Burton. Nyatanya banyak yang kecele karena Oz – The Great & Powerful (Oz-TGP) karya Sam Raimi ini tidak se-dongeng AiW. Banyak juga yang mengira ini adalah remake dari kisah klasik The Wizard of Oz (TWoO) yang melambungkan nama karakter Dorothy dan makhluk-makhluk aneh seperti Scarecrow dan Tin Man. Kecele lagi karena Oz-TGP bisa dibilang unofficial prekuel dari TWoO. Mengapa unofficial? Karena Walt Disney tidak memiliki hak resmi untuk mengangkat kisah asli TWoO ke layar lebar yang sudah keburu dimiliki oleh MGM. So, impian untuk memfilmkan kisah TWoO ke layar lebar tentu saja dengan membuat versi unofficialnya, bisa prekuel ataupun sekuel. So here it is, Oz-TGP yang seperti saya sebutkan sebelumnya, unofficial prekuel. Seperti apa jadinya?

Sebagai sebuah karya dongeng fantasi, sebenarnya Oz-TGP bisa dibilang cukup memuaskan. Petualangan seru dan ternyata tidak terlalu “fantasi” malah cenderung realistis digelar sepanjang durasi dengan takaran yang pas. Perkembangan karakter-karakternya pun ditulis dengan cukup baik dan loveable. Namun rupanya kisah Oz-TGP secara keseluruhan memang utamanya ditujukan untuk bisa dinikmati penonton anak-anak berusia 10 tahun ke bawah. Sementara bagi penonton yang lebih dewasa besar kemungkinan tidak akan sama menikmatinya. Terutama tentu saja faktor “I’ve seen that before. Many times.”

Jadi bagi penonton dewasa nikmati saja instant fun fantasy yang ditawarkan beserta keindahan-keindahan visual warna-warni vibrant yang dipamerkan di sana-sini. Setelah Anda keluar dari gedung bioskop mungkin tak banyak yang akan melekat dalam ingatan Anda. That’s fine karena untuk itulah film ini dibuat, sama halnya dengan kebanyakan film mainstream Hollywood dewasa ini.

The Casts

James Franco tidak mengecewakan. Mungkin tidak begitu memikat seperti biasanya, tetapi sama sekali tidak buruk. Saya masih mampu beberapa kali dibuat tertawa oleh ekspresi wajahnya. Berkali-kali pula saya terbawa kesal dengan sikapnya yang licik. Anyway, variasi penampilan Franco di film mainstream Hollywood yang cukup menarik. Begitu pula dengan Michelle Williams yang tampil biasa saja.

Penampilan paling menonjol ada pada Mila Kunis yang cukup dominan dan mampu dibawakan dengan baik. Rachel Weisz di sisi yang sama juga memberikan kontribusi akting yang memikat dan anggun, sesuai dengan kapasitasnya sebagai ‘fairy tale’.

Technical

Tak perlu meragukan lagi kualitas special visual fx yang memang menjadi salah satu komoditas utama Oz-TGP. Sayangnya kualitas visual fx yang bombastis tersebut tidak begitu terintegrasi maksimal dengan efek 3D yang ditawarkan. Entah faktor apa, mungkin karena saking vibrant-nya warna-warni visual fx yang ada atau projector bioskop tempat saya menonton yang mengalami gangguan, banyak efek yang tidak nyaman disaksikan. Salah satu adalah tingkat vibrant warna-warni efek yang terlalu tajam dan somehow justru mengganggu ilusi letak layer-layer 3D-nya. Misalnya benda berwarna tajam yang seharusnya berada di foreground jadi tampak seperti berada paling depan. Gangguan tersebut justru tidak tampak pada gambar-gambar live action (karakter manusia).

Tampilan karakter CGI Finley dan China Girl membuat Oz-TGP menjadi lebih menarik. Terutama sekali China Girl yang tampak memukau saya meski beberapa kali kurang menyatu dengan karakter manusianya.

Tata suara surround dahsyat terpompa ke seluruh kanal yang ada dan mampu menghidupkan kemagisan dunia Oz dengan maksimal. Sayang tak ada soundtrack-soundtrack asyik yang menghiasi, kecuali Almost Home milik Mariah Carey yang tidak diperdengarkan sepanjang film. Sementara iringan score dari Danny Elfman cukup mampu meniupkan nafas adventurous meski forgettable.

The Essence

Anda tidak akan pernah tahu kejadian apa yang mampu mengubah seseorang. Seburuk apapun ia sebelumnya. Dan yah… seperti biasa kecerdasan logika mampu mengalahkan sihir, dengan caranya sendiri.

They who will enjoy this the most

  • Kids under 10
  • Fantasy adventure fans 
Lihat data film ini di IMDb.
Rate film ini menurut Anda:
{[['']]}

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates