Tuesday, February 19, 2013

The Jose Movie Review
Zero Dark Thirty

 

Overview

Setelah mengalahkan mantan suami, James Cameron di perhelatan Academy Awards 2010 dengan memenangkan Best Motion Picture sekaligus Best Achievement in Directing lewat The Hurt Locker, sutradara Kathryn Bigelow bersama penulis naskah Mark Boal kembali berkolaborasi dalam film bertema tak jauh berbeda, Zero Dark Thirty (ZDT) yang mengangkat kisah investigasi hingga perburuan Osama bin Laden, orang paling dicari nomer satu di mata Amerika Serikat.

Terlepas dari keakuratan kisah dan kejadian-kejadian, Mark Boal menyajikan naskah investigasi yang begitu seru dan intens untuk ZDT. Kisahnya yang diambil dari sudut pandang Maya (Jessica Chastain), seorang anggota CIA wanita muda yang ambisius, disajikan dengan begitu detail mulai mencari orang-orang yang memiliki jaringan langsung ke Osama hingga menemukan kurir yang secara intens menjadi penghubung keluarga Osama dengan dunia luar, Abu Ahmed, dan berakhir pada eksekusi orang-orang penting dalam tubuh Al-Qaedah termasuk Osama bin Laden sendiri.

Keseruan dan ketegangan cerita dibangun melalui investigasi dan penjelasan analisa yang menarik dari karakter-karakternya, terutama Maya sendiri. So, jika Anda agak kesulitan memahami dialog-dialog yang ada kemungkinan besar Anda akan jatuh dalam kebosanan. Sebaliknya, Anda akan excited mengikuti perkembangan investigasi yang dilakukan CIA di sini. Ketegangan demi ketegangan juga terletak pada ketidak tahuan kita sebagai penonton akan apa yang mungkin saja terjadi berikutnya. Mengingat setting cerita di Pakistan yang selalu diselimuti teror bom tiap harinya, tentu  ledakan maupun serangan bisa terjadi kapan saja pada karakter apa saja. Kedua jenis ketegangan ini diramu dengan sangat baik dan dengan porsi yang pas hingga puncaknya sehingga durasi yang kurang lebih dua setengah jam tidak begitu terasa.

Namun cukup di situ saja yang patut saya apresiasi dari ZDT, tak lebih. Ia sama sekali tidak memberikan ruang untuk sekedar pengenalan secara personal maupun perkembangan  pada karakter-karakter yang ada, termasuk Maya, si pendominasi cerita. Penonton hanya diajak untuk melihat emosi karakter pada tiap kejadian saja. Misalnya Maya ketika sedang kesal, antusias, maupun desperate, at each moment. That’s all.

Sisi humanis yang hampir selalu digali pada film-film bertema perang maupun militer akhir-akhir ini pun absen hadir. Namun untuk sisi yang satu ini bisa dimaklumi mengingat Amerika Serikat pada umumnya sudah sangat geram dengan Osama maupun Al Qaedah.

So, secara keseluruhan ZDT hanya menjadi sajian investigasi serta perburuan yang seru pada saatnya saja. Tak begitu berkesan selepas film berakhir dan juga tak memiliki kedalaman karakter maupun cerita apa-apa.

The Casts

Hanya nama Jessica Chastain yang mungkin dikenal penonton kita dari jajaran cast-nya. Begitu pula dengan porsinya yang paling mendominasi. Kapasitas akting dan kebiasaannya yang pilih-pilih peran berbobot memang harus diperhitungkan. Meski tak diberi kedalaman karakter apa-apa, setidaknya penonton bisa menganalisis dan mengenal kepribadian Maya melalui akting yang dihidupkan oleh Chastain. Sisanya, kesemua aktor pendukung di sini sudah tampil sesuai dengan porsi masing-masing yang memang sangat pas-pasan.

Technical

Tak ada yang istimewa dari segi teknis pun juga tak buruk. Mulai sinematografi, score, editing, desain produksi, pas dan natural sesuai dengan kebutuhan cerita. Tata suara terutama suara ledakan dan tembakan terdengar begitu renyah di tengah kesunyian dan dialog yang lebih mendominasi film.

The Essence

Di tengah keputus-asaan Amerika Serikat dalam menemukan Osama bin Laden, apakah Osama bin Laden memang masih hidup atau mereka selama ini hanya mengejar “hantu”, Maya justru begitu gigih dan ambisius dalam menuntaskan misinya. Meski menghabiskan waktu 12 tahun dan menguras emosi, ia menggunakan tak sekedar bukti-bukti kongkret tetapi juga analisis berbagai kemungkinan yang mengindikasikan keberadaan orang yang dicarinya. Cara-cara yang cerdas dalam meyakinkan para petinggi untuk mempercayai keyakinannya.

They who will enjoy this the most

  • Penonton yang menyukai film dengan proses investigasi detail dan analisis cerdas
  • Penggemar action-drama thriller

Academy Awards 2013 Nominees for :

  • Best Achievement in Editing
  • Best Achievement in Sound Editing
  • Best Motion Picture of the Year
  • Best Performance by an Actress in a Leading Role
  • Best Writing, Screenplay Written Directly for the Screen
Lihat data film ini di IMDb. Rate film ini menurut Anda:
{[['']]}

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates