Wednesday, February 20, 2013

The Jose Movie Review
Flight


Overview

Robert Zemeckis dikenal sebagai salah satu sutradara papan atas yang mana karya-karyanya tak hanya banyak yang menjadi box office, namun juga menuai banyak pujian kritikus. Keseimbangan yang tak banyak diraih oleh sutradara Hollywood. Setelah beberapa tahun belakangan terobsesi pada motion-capture animation seperti Polar Express, Beowulf, dan A Christmas Carol, Zemeckis rupanya rindu membuat film live action. So here it is, Zemeckis’ first live action movie since Cast Away in 2000. Come back ini rupanya tak main-main karena ternyata membuahkan banyak penghargaan terutama bagi sang aktor utama, Denzel Washington.

Sejak menit awal, jujur saya agak terkejut dengan sajian adegan-adegannya. Lihat saja posternya yang begitu bersahaja dan tampak wise, namun ternyata penuh dengan booze, drugs, sex, dan profanity. Wow, that’s quite a surprise to me! Tetapi ini adalah film Zemeckis yang tak mungkin tampil gila-gilaan tanpa ada esensi yang bagus dan… yah, inilah perjalanan menuju sober conscience yang begitu “memabukkan” dan penuh terjal. Tidak dalam visualisasi adegan, namun secara psikologis yang dialami oleh karakter utama, Whip Whitaker. Tentu saja perhatian utama sebagian besar penonton akan tertuju pada adegan penerbangan di awal film yang gila-gilaan menegangkannya itu. Pujian yang patut disematkan kepada sutradara, penata kamera, dan editing yang sangat berhasil menghidupkan adegan tersebut menjadi sangat mencekam.

Adegan-adegan berikutnya merupakan rollercoaster psikologis dari Whip Whitaker pasca penerbangan tersebut, di antara pujian, ancaman hukum sebagai akibat dari kebiasaanya selama ini, dan kesempatan untuk make things right. Kali ini skrip memegang peran yang sangat penting dalam mengembangkan karakter-karakternya, tak hanya Whip, tetapi juga Nicole, wanita sesama pejuang yang akhirnya saling menemukan dalam suatu peristiwa. Jalinan kisah yang digarap dengan rapi, detail, alur yang pas, dan ending yang bersahaja, layaknya kesan yang saya tangkap dari posternya sebelum benar-benar  menontonnya. Zemeckis has beem back to his track!

Casts

Denzel Washington memang layak dinominasikan sebagai Best Actor in Leading Role di ajang Academy Awards 2013, bahkan jika pada akhirnya memenangkannya. Peran Whip sebagai pilot yang bergulat melawan dirinya sendiri dibawakan dengan sangat hidup dan meyakinkan. Bahkan pada adegan penerbangan utama, karakter pilot yang memiliki keahlian dan kecerdasan di atas rata-rata tampak begitu reliable dan convincing di tangan Washington. Probably his best and strongest performance, even better than his last Oscar performance in Training Day.

Di jajaran cast pendukung, penampilan Kelly Reilly sebagai Nicole juga patut mendapat pujian. Don Cheadle tak begitu menonjol, bukan karena penampilan aktingnya, namun porsinya yang memang tak memberikan banyak ruang penting untuk itu. Sementara peran kecil namun begitu banyak mencuri perhatian penonton terutama saya, adalah John Goodman yang memerankan karakter Harling Mays, tetangga Whip yang eksentrik dan entah bagaimana bisa selalu on the list.

Technical

Editing dan sinematografi memegang peranan penting dalam film dan memang digarap dengan sangat baik, terutama untuk adegan penerbangan utama. Sementara desain produksi yang meliputi setting lokasi dan properti juga digarap dengan apik, terutama rumah peternakan keluarga Whip yang membawa penonton ke suasana homey.

Tata suara yang menggelegar turut menghidupkan adegan penerbangan utama, dan tak lupa pilihan track-track era 80-90’an sangat pas mengiringi rollercoaster psikologis sepanjang film.

The Essence

What makes you happy in life, especially when you’ve lost everything you love? Pelarian mungkin saja menutupi ketidakbahagiaan. When it leads to another destructions, the choice is ours to keep destructing or stop and start to recover. Pasti ada satu titik balik yang membangunkan kita untuk kembali ke sober state. It could be bitter, but it’s for the best for everyone, especially ourselves. Flight juga mengajak untuk merefleksikan sampai sejauh mana kejadian-kejadian di sekitar kita yang merupakan campur tangan Tuhan atau murni tindakan manusia.

They who will enjoy this the most

  • Audiences who likes psychological rollercoaster
  • Audiences who likes and needs wisdom after madness
  • Everybody who’s (been) in a life runaway

Academy Awards 2013 Nominees for :

  • Best Performance by an Actor in Leading Role
  • Best Writing, Screenplay Written Directly for the Screen
Lihat data film ini di IMDb.
Rate film ini menurut Anda:
{[['']]}

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates