Saturday, February 23, 2013

The Jose Movie Review
Beasts of the Southern Wild


Overview

Di antara sembilan nominasi Oscar 2013 untuk kategori Best Motion Picture of the Year, ada satu judul yang terasa asing dan unik. Nama sutradara dan para aktornya pun masih asing di telinga. Tentu siapa saja menjadi penasaran film apakah The Beasts of Southern Wild (BotSW) ini. Dari judul dan posternya, mungkin banyak yang mengira ini adalah film fantasi, atau malah animasi 3D yang melibatkan makhluk buas. Tak salah, namun nyatanya ini bukanlah film fantasi biasa yang penuh dengan keajaiban. Ini adalah sebuah fantasi tidak indah yang terasa begitu nyata.
Mengambil setting fiktif bernama Bathtub, cerita bergulir seputar anak perempuan kulit hitam berusia 6 tahun yang hanya diasuh oleh sang ayah beserta beberapa hewan ternak peliharaan. Uniknya, mereka berdua justru tidak tinggal dalam satu atap. Dari sini cerita mulai bergulir seiring dengan pertanyaan-pertanyaan keheranan yang mungkin dilontarkan penonton. Pemandangan realita yang jauh dari kesan indah, cenderung kumuh, dan penuh dengan kejadian-kejadian pahit.
So, apa yang ditawarkan oleh sutradara Benh Zeitlin di debut film panjangnya ini? Sebuah dunia nyata yang kelam, dari sudut pandang seorang anak gadis berusia 6 tahun bernama Hushpuppy, hasil representasi berbagai ajaran dan cerita yang ia dengarkan dari orang-orang di sekitarnya. Terkadang memilukan, lucu, iba, sekaligus membuat penonton terkagum-kagum. Sebuah petualangan di negeri antah berantah yang keras namun sangat nyata, di tengah peradaban di sekelilingnya yang jauh lebih mewah. Tidak ada gambar yang indah, namun justru di situlah letak keindahan film ini secara keseluruhan. BotSW bagi saya tipe film yang terasa biasa saja ketika menontonnya, namun melekat terus untuk jangka waktu yang cukup lama usai menyaksikannya.

The Casts

Tak heran jika Quvenzhane Wallis meraih nominasi Oscar untuk kategori Best Actress in a Leading Role. Perannya yang tak mudah dan jauh dari wajar (untuk anak seusianya) ini berhasil dibawakan dengan luar biasa naturalnya dan sangat kuat. Apalagi mengingat ini adalah pengalaman pertamanya berakting di depan kamera untuk sebuah film panjang. Luar biasa!
Sementara di lini pemeran pendukung, Dwight Henry (pemeran Wink) dan Gina Montana (Miss Bathsheba) terasa menonjol berkat karakter serta permainan akting yang sangat baik dari mereka berdua.

Technical

BotSW menjadi satu lagi bukti bahwa sebuah film yang bagus tak harus selalu dengan budget yang besar. Dengan “hanya” US$ 1.8 juta saja dan tak diperankan oleh satupun aktor yang dikenal luas, ia berhasil bicara banyak di berbagai ajang penghargaan, termasuk Academy Awards 2013. Tak heran penggunaan teknik kamera handheld sangat terasa di sepanjang film. Pun demikian tak ada sedetik pun yang terasa mengganggu atau membuat pusing. Hasilnya justru membuat kesan nyata bak dokumenter meski ada beberapa adegan yang merupakan fantasi dari karakter Hushpuppy.
Kemunculan makhluk fantasi yang meski hanya sejenak tetapi ditampilkan dengan sangat meyakinkan dan cukup membuat jantung penonton berdebar-debar.
Penggarapan sound effect yang serius tak luput dari perhatian. Dengarkan saja suara ambience hujan dan badai yang begitu nyata. Sungguh merupakan nilai plus tersendiri untuk ukuran film indie.

The Essence

Pernahkah ketika kecil Anda dijelaskan tentang hal-hal yang tidak Anda mengerti oleh orang-orang di sekitar Anda, seperti orang tua atau guru, dengan cara sederhana dan melibatkan fantasi? Mungkin penjelasan tersebut mengandung ajaran-ajaran tertentu yang kelak ketika dewasa baru Anda sadari maksudnya. Well, Anda akan kembali dibawa ke masa-masa itu dalam memahami berbagai hal di sekitar.

They who will enjoy this the most

  • Sons or daughters with their parents
  • Audiences who had a very close relationship with their parents
  • Indie movies lovers
  • Audiences who enjoy movies portraying realistic and rough life

Academy Awards 2013 Nominees for :

  • Best Motion Picture of the Year
  • Best Achievement in Directing
  • Best Performance by an Actress in a Leading Role
  • Best Writing, Screenplay Based on Material Previously Produced or Published

Lihat data film ini di IMDbRate film ini menurut Anda:
{[['']]}

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates